Home » Umum » Bahu Nyeri dan Sukar Diangkat

Bahu Nyeri dan Sukar Diangkat

Dr Andi,
Saya seorang ibu rumah tangga, sekarang usia saya 44 tahun. Sudah 2 bulan ini saya merasakan bahu kiri saya sulit diangkat dan  nyeri. Bila ingin mengangkat bahu, harus dibantu diangkat oleh tangan kanan, dan itu pun rasanya nyeri seperti ditusuk benda tajam. Bila dipijat, nyerinya agak berkurang sedikit, tapi lalu nyeri itu timbul lagi. Apakah saya ini terkena rematik, asam urat atau apa dok. Terimakasih atas jawabannya dok.

Dari: Ny Endah di Purwodadi.

Jawaban dr Andi Sugiarto:
Bu Endah, kemungkinan besar ibu mengalami apa yang disebut frozen shoulder, atau capsulitis adhesiva.  Gejalanya adalah kaku sendi bahu dan nyeri pada saat bahu digerakkan. Hal ini akan mengurangi lingkup gerak sendi bahu secara signifikan. Dan pada kasus yang parah akan membuat sendi bahu ‘beku’ atau sulit digerakkan.

Frozen shoulder ini berkembang secara pelan-pelan dan semakin lama semakin parah dalam hitungan bulan. Ada tiga tahap, yaitu:
1.    Tahap nyeri: selama tahap ini, bahu terasa nyeri bila digerakkan lingkup gerak sendi bahu mulai berkurang sedikit.
2.    Tahap frozen (beku): nyeri akan berkurang pada tahap ini, tetapi bahu akan terasa lebih kaku dan lingkup gerak sendi bahu akan berkurang secara nyata. Gerakan yang ekstrim akan membuat nyeri, tetapi anda masih bisa melakukan aktivitas sehari-hari.
3.    Tahap penyembuhan: bila diobati, lingkup gerak sendi akan mulai meluas kembali. Bila tidak diobati, maka seringkali pada malam hari, nyeri akan bertambah, sehingga mengganggu pola tidur.

Penyebab yang pasti sulit diketahui. Biasanya karena bahu tidak digerakkan secara penuh lingkup gerak sendinya dalam jangka waktu yang lama, misalnya akibat kurang berolah raga, atau pernah digips dalam jangka lama akibat pernah patah tulang lengan.

Orang dengan diabetes memiliki risiko yang lebih besar untuk frozen shoulder ini. Ini ada hubungannya dengan proses autoimun pada kapsul sendi bahu dan jaringan ikat pada bahu. Penderita sakit jantung, paru dan hipertiroid juga berisiko lebih besar.

Sendi bahu memiliki kapsul atau ‘pembungkus’ yang mengalami peradangan dan lama-lama menjadi kaku. Peradangan ini menyebabkan adhesi jaringan (‘perlengketan’) pada permukaan sendi. Cairan sendi mungkin berkurang. Hal ini menyebabkan nyeri dan kurang leluasanya gerak sendi bahu, sehingga menyulitkan aktivitas kehidupan sehari-hari seperti menyisir rambut, menyikat gigi atau mengambil dompet di kantong belakang.

Pengobatannya yaitu dengan mengurangi nyeri, mengurangi inflamasi atau peradangan, serta fisioterapi utk memperluas lingkup gerak sendi. Dokter akan mempertimbangkan untuk memberikan obat anti nyeri. Bila ada tanda peradangan misalnya merah, bengkak, dan nyeri tekan atau nyeri saat digerakkan, perlu diberikan obat anti inflamasi.

Tindakan Rehabilitasi Medik bisa dilakukan yaitu pemberian gelombang short wave diathermy untuk mengurangi nyeri dan mengurangi kekakuan sendi. Lalu dilakukan exercise/ latihan memperluas lingkup gerak sendi dengan menambah luasnya gerakan sendi bahu secara bertahap. Bila  di rumah, bisa juga berlatih sendiri dengan mengangkat bahu sedikit demi sedikit secara perlahan.

34 Responses to Bahu Nyeri dan Sukar Diangkat

  1. sore dok, saya angga usia saya 18thn, saya mau nanya tentang sakit saya, sering kali saya merasakan nyeri di pinggang dan stelah itu saya juga merasakan lelah sekali, dan sakit nya hingga ke punggung dan pundak saya, bila sakit nya kambuh saya merasa sangat lelah.., maaf dok tolong di jawab dan makasi dok

  2. Selamat Sore Dokter,

    Saya 53th, mengalami nyilu di pundak tangan kanan, sudah hampir1 bulan pergelangan tangan pundak saya tidak bisa digerakkan kebelakang dok,kalau separti kita intirahat ditempat,kedua tangan khan harus ditekuk kebelakang. ini yang sebelah kanan bela mau ditekuk kebelakang terasa sakit di pergelangan pundak . mohon bentuan dokter, apa penyebabnya dan solusinya agar pundak saya bisa sembuh.

    Hormat kami

  3. SELAMAT SORE DOKTER, SAYA MAU TANYA TTG PENYAKIT SAYA, BAHU KIRI SAYA NYERI SEPERTI DI TUSUK PISAU, BLA BUAT BERGERAK SAKIT, UTK DUDUK TEGAK SAKIT, MOHON SOLUSINYA. TERIMA KASIH

  4. pak, dah empat bulan tangan bahu kiri saya sakit kalau digerakkan ke atas ,ke arah atasdepan sekitar 45 derajat untuk keatas lagi susah, dan dari arah samping diangkat keatas tegak lurus gak bisa cuma bisanya jejajar lurus,seperti berat dan badan ikut terangkat,beda dengan sebelah kanan ,bisa bergerak bebas.mohon solusinya

  5. Dok saya IRT usia 31thn, skrg msh py bayi 3bln, saya sakit pada bahu kanan, kaku sampe lemes ke jari2 sehingga u/ diangkat sakit, awalnya sakit ngilu2 ditahan2 s/ 2m baru kedokter, dikasih myonal. 3×1, ultracet 2×1, methycobal 1×1, tangan bs diangkat tp sedikit, tetap masih ada yg sakit, n ngeganjel u/ angkat tangan, yg mau sy tanya apa saya bisa sembuh dengan terapi terus, takut banget lumpuh, jd parno sendiri, krn ini ??? hr ke 4 dari minum obat dan hari ke 3 dari terapi laser, sakit sdh b’kurang, angkat tangan baru bs sedikit, mohon jawabanya ya dok, sama terapi seperti apa yg baik u/ saya, terimakasih

  6. sukar: makasih pak sukar. tks.

  7. WONDERFUL Post.thanks for share.you have a great blog here at http://www.dokterandi.com!.more wait ..

  8. Salam kenal Dokter…,
    Saya pria umur sekarang 31th,sebelumnya saya sering nyeri2x di tangan kanan dekat siku & di pangkal jari kelingking,kata dokter penyakit dalam saya mengalami pengapuran disekitar tengkuk leher,lalu saya ikut therapi syaraf kejepit hasilnya 4x therapi nyeri ditangan dan dijari hilang,tp sekarang leher kanan sampai bahu kanan terasa kaku&berat sekali & urat2x leher & bahu terasa menjadi keras sehingga pergerakan lengan kanan saya menjadi terbatas dan tidak kuat mengangkat beban berat,yg ingin saya tanyakan adalah saya ingin melakukan fisiotheraphy dan harus pergi ke dokter mana?bolehkah saya mengkomsumsi celebrex 200mg seperti yg diatas?

    Terima kasih Dokter…

  9. @endro: bapak bisa pakai celebrex 200 mg 1×1 utk penanganan pertama, selama 2 hari dulu. frozen shoulder ini bisa sembuh dengan fisioterapi berulang kali, pemberian latihan tertentu untuk meluaskan kembali gerak sendi yang terbatas. tks.

  10. Dok saya menglami rasa nyeri yang sangat sakit apabila mengangkat tangan kiri saya dan pada bahu kiri saya seolah olah kaya ada yang mengunci sehingga gerakannya terbatas, kalau malam terasa sekali nyerinya sehingga tidak bisa tidur tolong untuk penangan pertama apa yang harus saya lakukan, kedua obat apa yang dapat mengurangi rasa nyeri tersebut dan berapa lama biasanya nyeri ini berlansung serta apakah penyaklt frozen shoulder ini dapat sembuh terima kasih atas bantuan dokter

  11. coba untuk berlatih mengangkat bahu sedikit demi sedikit, nanti akan bisa menjangkau seluruh badan. tks.

  12. Ning Rahayu, keluhan anda sama dengan saya…kata dokter saya mengalami pengapuran. Sekarang kalo mandi tangan kiri ga bisa menjangkau punggung kanan..wah susah deh

  13. Selamat malam dokter,
    Saya mengalami rasa nyeri pada bahu sudah hampir satu tahun,sudah saya bawa mulai dari dokter umum,dokter spesiais sraf, internis,dan therapi pada ahli fisiotherapi,tapi tetaaaaaapppp sdaja ngga mau sembuh ,Dokter.Bahkan sekarang rasa nyeri itu menjalar ke lengan, sehingga tangan kiri saya seperti tak berdaya bila untukmengangkat sesuatu yang agak berat. Untuk tidur dengan posisi miring ke kiri sakit bukan main. Apa tidak bisa disembuhkan ya, Dokter ?
    Terimakasih atas penjelasannya.
    Salam.

  14. Dok, aq seorang cewek berusia 24 tahun, udah satu tahun lebih aq mengalami nyeri pada tengkuk. awalnya hanya sakit tengkuk, sekarang nyeri sampai ke bahu dan punggung. sakit terasa apalagi saat bagun tidur terasa berat sekali.aq sudah berkali-kali ke dokter namun tdk ada perubahan.mohon solusinya gmn cara terbaik agar rasa nyeri yang aq rasakan hilang.trimakasih

  15. Salam kenal ya, Dok! Saya googling dan nemu artikel ini. Kebetulan saat ini sy divonis DM dengan hasil tes HBA1C 8,8 (buruk). Dan sy mengalami nyeri sendi bahu kiri sejak 3 bulan lalu. Setelah baca artikel ini brarti mang ada hubungannya dg DM ya, Dok? Bisa sembuh gak, Dok? Dan obatnya apa ya? Thanks a lot.

  16. Dok, vitamin nya ada gak? unt menghindari frozen shoulder ini ?

    Many thanks,
    Anie

  17. Kalo karena kolesterol mungkin ngga dokter Andi ?

  18. oya dok saya punya pertanyaan. saya imelnya kemana ya :D

  19. sudah lama gak berkunjung, gue bawah ole oleh nih :)
    siapa tau suka, iseng 2x berhadiah

  20. Iya Dok, Kalau saya duduk berlama2 ngeplurk juga takut kalau terjangkit begituan. Ada resep jitu ndak dok.
    Thank’s

  21. kalau aku sering sakit pinggang dok setiap bangun tidaur pinggang serasa sakit sekali(pa kerena ku dah tua pa yah

  22. “frozen shoulder”, baru dengar istilah ini utk yang pertama kalinya, pak dokter. apakah gejala penyakit semacam ini bisa menimpa juga kepada bloger yang suka duduk berlama-lama di depan kompie, dok?

  23. makasih banget atas jawabanya soalnya aku juga sering merasakan nyeri yang sama dok,salam kenal aja yah dok,bisa kon sul pribadi nda dok he

  24. karena lebih banyak duduk ketimbang berdiri bahu saya sering nyeri dok, alias pegel. beda ndak sih dok nyeri sama pegel. duhh dan sekarang jadi terasa sulit buat negakkin bahu biar ndak keliatan bungkuk.

  25. SALAM KENAL…!

  26. akhirnya nemu blognya pak dokter….

  27. artikelnya keren2 pak dokter.. saya izin nge-link ya. :)

  28. wah konsultasi yang keren!

  29. @son: obat topikal dipakai bila ada inflamasi
    @indira: bisa, tapi terutama 35 thn keatas

  30. Apakah frozen shoulder ini bisa menyerang segala usia?

  31. bagaimana kasiat obat topikal untuk nyeri bahu?
    seperti voltad@@ atau voltar@@ cream/gel….?

  32. bagaimana efek atao kasiat obat topikal dok? (Volter@@atau voltad@@ cream…)

  33. @niff: ya harus exercise teratur dan rutin, biar tidak kaku lah

  34. untuk pencegahannya gimana dok?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>