Jangan stop merokok! (Kecuali kalo ingin jadi sepur..)

Ada lalat dimakan blekok, Kalo mau sehat, ya stop merokok..

Menurut penelitian,  merokok itu sudah terbukti merugikan kesehatan. Merokok bisa menyebabkan atherosklerosis, penyakit jantung koroner, impotensi/ disfungsi ereksi dan

Kiat-kiat untuk bisa berhenti merokok:

Bila tidak bisa meloncat sekaligus, mulailah dengan melangkah
Bila tidak bisa berhenti total, mulailah sedikit demi sedikit. Tidak usah idealis, tetapkan target anda sesuai dengan kemampuan anda. Tidak ada gunanya menetapkan target berhenti total bila anda merasa tertekan dengan itu. Kurangi sedikit demi sedikit, bila itu sesuai dengan kemampuan anda.

Tetapkan tanggal berhenti merokok total.
Tidak ada target tanpa tenggat waktu (dead line). Tuliskan besar-besar di kalender anda tanggal anda berhenti merokok. Biarkan anda lebih terpacu karenanya.

Minta dukungan keluarga dan orang serumah
Umumkan pada orang serumah dan keluarga anda bahwa anda berhenti merokok dan mintalah dukungan mereka. Biarkan mereka mengingatkan anda bila motivasi anda sedang ‘down’.

Minta dukungan rekan sekantor yang tidak merokok
Dukungan teman sekantor sangat penting, biarkan mereka menegur anda bila anda ketahuan ‘nyolong-nyolong’ merokok lagi. Ucapkan selamat tinggal pada teman yang merokok, artinya pamit pada mereka untuk tidak merokok lagi bareng teman perokok lain.

Berikan hadiah pada diri sendiri
Setelah bisa melewati seminggu, sebulan atau periode waktu tertentu tanpa rokok, berikan hadiah pada diri sendiri. Hadiahnya bisa berupa baju baru, arloji, handphone baru, atau apa pun yang anda sukai sebagai hadiah.

Tetapkan denda bila merokok
Berikan kompensasi pada orang serumah yang melihat anda merokok. Bisa berupa uang sekadarnya, tiket bioskop, pulsa hp, atau membersihkan kamar mandi, mencuci piring atau apa pun yang bisa membuat anda ‘jera’ merokok dan takut merokok.

Imajinasikan diri anda yang bersih dari asap rokok
Pada saat bangun tidur dan saat mau tidur malam hari, berdiam diri sejenak dan imajinasikan diri anda berada di atmosfir yang bersih, udara segar sambil menarik nafas dari udara yang bersih. Tarik nafas dalam-dalam sampai terasa paru mengembang maksimal. Lalu hembuskan nafas

Jangan simpan rokok dan korek api
Berikan kepada orang lain semua rokok dan korek api yang biasa dipakai untuk merokok. Menyimpannya hanya membuat anda tergoda untuk merokok lagi.

Tidak ada yang tidak mungkin bila anda niat
Ingat dengan semut yang bisa membawa beban berpuluh kali besar tubuhnya? Seperti itulah anda, kelihatannya sulit dan ‘impossible’ tapi anda bisa!

Jangan menyerah pada godaan teman
Istilahnya “Setan kepingin cari teman”! untuk hal yang negatif, ingin banyak orang yang ikut melakukan itu. Misalnya, seorang koruptor, cenderung senang dan ingin lebih banyak orang yang melakukan korupsi. Apa kata dunia?

Bersiaplah untuk dijadikan bahan ‘ejekan’ teman yang perokok
Jadikan ejekan itu sebagai sarapan dan makan malam anda, artinya: jadikan itu hal yang biasa. Tidak heran bahwa orang akan sinis terhadap perokok yang berusaha berhenti. Jangan sakit hati, jalan saja terus. Anjing menggonggong, kafilah berlalu.

Perkuat alasan untuk berhenti merokok
Cari alasan apa pun yang membuat anda berhenti merokok: mulut jadi bau rokok, jari tangan kuning-kuning, istri tidak mau dicium karena anda bau rokok, baju bolong-bolong karena percikan api rokok, mobil jadi bau rokok, dan banyak lagi.

Cari teman yang sudah berhasil berhenti merokok
Motivasi dan suasana hati kita kadang menurun dan kita jadi ‘down’. Di situlah perlu teman yang sudah berhenti merokok untuk membantu memompa semangat kita lagi.

Cari pertolongan ke dokter:
Bila tidak bisa berusaha sendiri, anda bisa berusaha mencari pertolongan ke dokter. Cara-cara yang bisa dilakukan misalnya:
1.    Obat anti nikotin: dengan resep dokter, anda bisa mendapatkannya di apotik. Obat ini akan menghilangkan ketergantungan terhadap rokok dan nikotin. Rasa nikmat yang dihasilkan rokok akan berkurang sampai tidak ada sama sekali.
2.    Akupunktur/ tusuk jarum: dengan tusukan jarum akupuntur di titik-titik paru, jantung dan titik yang mengendalikan emosi, bisa mengurangi rasa ingin merokok. Bila merokok pun, rasanya tidak senikmat biasanya, dan lama kelamaan akan tidak ada kenikmatan yang didapat dari merokok.
3.    Berlatih senam pernapasan: dengan mengatur nafas dan konsentrasi, menarik nafas dalam dan membuang nafas secara pelahan sampai sebanyak mungkin terjadi pertukaran udara dari paru ke udara luar.
4.    Hipnoterapi untuk stop merokok: dengan menghipnosis diri sendiri, diharapkan kemauan untuk merokok menjadi hilang. Pikiran menjadi ‘tergiring’ untuk tidak menginginkan rokok dan nikotin lagi.

Burung blekok si burung binal,

Stop merokok, ayo kita siap mental

21 Replies to “Jangan stop merokok! (Kecuali kalo ingin jadi sepur..)”

  1. gak boleeeeeeeee stoooppppppppp!!!!!

    karena sudah mulai usia 5 tahun aku dah merokok.tolong perdalam lagi cara solusinya ya..BOSSSSSSSSSSSSSSSS

  2. Wah, dok… saya tidak merokok, malahan benci yang namanya rokok. tp masalahnya saya di selimuti oleh orang2 yang merokok, yah, secara tidak langsung kan ikut kehirup asap rokoknya….

    thx, dah mampir kemarin, gmn bisa nyasar di blog ku?

  3. wahhh,,sayang sekali saya bukan perokok aktif nih…

    cuma terkadang jadi perokok pasif,,ada ide buat meminimalkan pengaruh perokok pasif dok???

  4. wah, kyaknya tipsnya bakalan ampuh dok klo diterapkan. dgn ad niat dan usaha psti brhasil.

    jalan sudirman banyak garong, bawa pedang udelnya bodong….
    kalo gak mau paru2 gosong, buang rokok ganti singkong…

    halahh, hopohhh..

  5. niat dan komitmen!
    bagaimanapun cara berhenti merokok yang diterapkan, bila niat kurang mantap dan komitmen kurang teguh, usaha bisa demikian saja berhenti di tengah jalan. duh!

    berhenti merokok, seperti menghentikan adiksi lainnya, pasti sangat sulit. saya salut pada orang yang telah berhasil menang dalam proses ini.

    and nice tips, bang andi. pakabar? 😀

  6. Setuju.. Stop merokok!
    Peduli-lah dengan nasib orang di sekitar anda.
    Kasihan mereka yang sesak atau batuk karena asap rokok anda (termasuk saya). hehehehe… 🙂

  7. wadohh!! dok yang ini susah diniatin aja bwehh!! susah minta ampun, kayaknya emang dibanyakin pasukkan iblis buat orang2 yang mau berhenti merokok!

  8. Pengalaman pribadi:
    Motivasi dari diri sendiri dan dukungan sekitar adalah 2 faktor penting yang bisa melancarkan proses berhenti merokok. Dan semuanya harus dengan proses agar tidak terasa sebagai beban yg berat. Satu lagi kunci suksesnya adalah “tahan godaan” soalnya biasanya kalau dah ngumpul ma temen2 yg perokok pasti dibujuki merokok maneh 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *