Usia 37 tahun sudah impoten?

Saya dapat telpon.
P (penelpon): Dok, saya diberi tahu oleh Bapak H, disuruh periksa ke dr Andi. Jam berapa saya bisa periksa dok?
S (saya): Boleh, besok jam 5 sore ya…
P: Baik dok. Terimakasih.
S: Oke. Sama2…

Courtesy: shutterstock.com

Besoknya, dia datang, sebut saja namanya B. Datang dengan istrinya.
B: Dok, saya sudah nikah 1 1/2 tahun, tapi belum berhasil sampe ‘gol’.

istri B: iya dok, saya sampe saat ini masih belum berhasil ‘ditembus’. Soalnya suami saya anu dok…burungnya ga bisa berdiri…dia kencing manis, sudah lama.. Jadi saya ini masih perawan dok….

saya: (garuk-garuk kepala).. Ya…coba saya periksa dulu…

Itulah sebagian percakapan dokter-pasien di dunia nyata. Segitu buruknya ya dampak kencing manis alias diabetes melitus??

Coba kita lihat apa kata para pakar diabetes melitus:

Courtesy of BestDietDiabetes.com

T: Kenapa diabetes melitus/DM/ kencing manis sering menyebabkan disfungsi ereksi?

J: Diabetes melitus menyebabkan gangguan persarafan. Saraf yang ke arah penis mengalami ‘kelaparan’ karena aliran darah ke saraf tersebut kurang akibat DM. Jadi saraf pun terganggu, sehingga ereksi tidak keras, atau bahkan tidak bisa ereksi sama sekali.

Courtesy HealthCentral.com

 

 

T: Apa DM pasti menyebabkan disfungsi ereksi?

J: Tidak pasti sih, tapi orang yang kencing manis, sekitar 1/3 nya mengalami disfungsi ereksi.

Courtesy BuyedPillsOnline.com

T: Bagaimana saya tahu kalau menderita kencing manis atau tidak?

J: Coba cek darah di laboratorium. HbA1C, gula darah puasa, gula darah 2 jam setelah makan.

T: Bisakah disfungsi ereksinya diobati?

J: Bisa. Dokter akan memberikan obat untuk kencing manis, dan penyebab lainnya, serta bila kekurangan hormon testosteron, akan ditambahkan lewat suntikan atau obat minum.

Rehabilitasi Seksual untuk Ejakulasi Dini

Jawa Pos Radar Semarang, Minggu, 10 April 2011

Tanya:
dr Andi,
saya pria berusia 38 tahun, sudah menikah 12 tahun.  Selama tahun2 awal nikah, tidak ada masalah apa2, kami puas dengan hubungan suami istri kami. Tapi dalam setahun terakhir, saya sulit memuaskan istri, karena seringkali saya sudah loyo sebelum permainan selesai. Seringkali Mr P sudah mencapai klimaks sebelum istri puas. Saya jadi kurang pede dan seringkali cemas bila akan memulai hubungan suami istri. Bagaimana mengatasi masalah ini dr Andi. Terimakasih.

M di Sm.

Jawaban dr Andi:

Ini masalah ejakulasi dini, artinya cepat lambat keluarnya sperma tidak dapat dikontrol sama sekali, sehingga ejakulasi terjadi sebelum istri mengalami orgasme atau kepuasan.

Hal ini sangat sering terjadi pada pria di segala golongan umur, baik tua muda, baik baru nikah maupun sudah lama menikah, dan segala tingkat sosial  ekonomi dan tingkat pendidikan. Jadi pak M tidak usah terlalu berkecil hati, cuma memang hal ini membuat malu di depan istri, dan juga menghilangkan rasa percaya diri.

Seringkali istri juga berdiam diri saja karena kesal. Hal ini ditanggapi oleh suami dengan rasa bersalah. Bila keduanya jarang berkomunikasi dan membahas masalah ini, maka problem ini akan semakin meruncing dan menimbulkan masalah rumah tangga.

Bila suami mau membicarakan hal ini dengan istri, berusaha mencari pengobatan bersama, maka masalah ejakulasi dini ini bisa diatasi.

Dulu dianggap penyebab ejakulasi dini ini adalah semata2 psikis semata, tetapi saat ini ditemukan bahwa sebagian besar ejakulasi dini disebabkan oleh faktor kekurangan hormon serotonin, atau juga karena reseptor serotonin tidak berfungsi dengan baik. Untuk ini perlu dicari penyebabnya lagi mengapa bisa terjadi faktor tersebut.

Bila ada penurunan kualitas ereksi, maka perlu diperiksa faktor penyebab yang lain, misalnya kadar gula darah, tekanan darah, penyakit jantung koroner, tingginya kolesterol, kegemukan, kurangnya kadar hormon testosteron, kurang olahraga dan aktivitas fisik. Faktor depresi dan tidak dapat mengelola stres dengan baik juga perlu dicari.

Penanganan
Ejakulasi dini dapat diatasi dengan sex therapy, yaitu terapi berpasangan suami dan istri, pada prinsipnya adalah melatih membiasakan diri dengan sentuhan dan rangsangan, agar gejolak gairah tidak terlalu meletup2 dan terlalu cepat ejakulasi.

Bila ada rasa cemas yang berlebihan, dokter akan memberikan obat untuk mengurangi kecemasan. Bila ada gejala disfungsi ereksi, maka juga diberikan obat untuk menimbulkan ereksi. Hormon testosteron juga bisa diberikan bila tidak ada kontra indikasi.

Istri diberikan pengarahan untuk bisa mendukung suami agar tidak luntur rasa percaya dirinya. Biarkan suami merasa rileks, nyaman, dan tidak terburu-buru.

Cobalah berkonsultasi ke dokter untuk penanganan yang lebih efektif.

Masa Subur? Bagaimana mengetahuinya?

Bila ingin mendapatkan anak, maka berhubunganlah pada saat masa subur. Tapi bila belum ingin mendapatkan anak, maka hindarilah berhubungan pada masa subur.

Ada beberapa cara menghitung/ memprediksi masa subur:
1. Sistem kalender
Cara ini bisa digunakan bila siklus menstruasi teratur antara 28 hari sampai 35 hari.
Prinsipnya adalah:
a. Ovulasi (pengeluaran sel telur dari indung telur) terjadi 14 hari sebelum menstruasi yang akan datang.

b. Sperma dapat bertahan hidup sampai 48 jam setelah ejakulasi.

c. Sel telur dapat bertahan hidup selama 24 jam setelah ovulasi.

Cara menghitung dengan sistem kalender:

(i) Catat tanggal pertama haid, minimal 6 kali menstruasi

(ii) Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18

(iii) Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11

Contoh:

Siklus terpendek 28 hari dan siklus terpanjang 32 hari (mulai hari pertama haid sampai haid berikutnya)

Perhitungannya : 28 -18 = 10 dan 32–11 = 21. jadi masa suburnya adalah mulai hari ke-10 sampai ke 21 dari hari pertama haid. Pada masa ini suami isteri tidak boleh berhubungan intim. Bila ingin berhubungan intim, disarankan memakai kondom.

Cara KB dengan sanggama terputus tidak disarankan karena angka kegagalannya cukup tinggi yaitu 25-30% , karena dikhawatirkan ada sperma yang tetap lolos , bisa berenang sampai saluran tuba falopii (saluran telur) dan bisa membuahi sel telur.

2. menilai peningkatan suhu badan, biasanya suhu badan meningkat menjelang dan sesudah masa ovulasi karena pengaruh hormon progesteron.

3. menilai lendir rahim. Hormon estrogen mencapai puncaknya pada saat ovulasi terjadi dan memengaruhi lendir rahim. Menjelang ovulasi biasanya lendir rahim jadi agak encer dan bila diraba dengan dua jari membentuk benang dan berwarna bening.

4. dengan Alat Tes Ovulasi. Saat ini juga sudah dijual bebas diapotik atau toko obat alat untuk menilai masa subur yaitu Test prediksi masa subur atau ovulasi. Alat test ini bekerja dengan mengukur kadar hormone LH yang dihasilkan saat ovulasi. Alat ini digunakan seperti test kehamilan tetapi tentu saja harganya lebih mahal.

@@Rehab Your Sex Life! dr Andi Sugiarto, SpRM

Image was taken from: http://blog.oxygencreator.web.id/wp-content/uploads/2009/08/aw.jpg

Vaginismus: Sulit Masuk karena ‘Sempit’?

Vaginismus? Apa itu?

Vaginismus adalah kontraksi involunter (diluar kehendak sadar) dari otot vagina dan otot dasar panggul. Otot tsb secara refleks menegang/ mengejang sehingga tidak bisa dilakukan penetrasi penis, atau obyek lain seperti tampon, spekulum (alat medis untuk melihat dalamnya vagina).

Ketegangan otot ini menimbulkan rasan nyeri, rasa terbakar, perih, terasa nyeri tajam. Vaginismus bisa timbul secara primer (seumur hidup, tanpa diketahui penyebabnya), atau sekunder (tadinya normal, lalu setelah ada pemicu/ penyebab, baru timbul vaginismus). Bisa timbul secara global/ umum (terjadi pada semua situasi dan pada semua obyek yang akan dimasukkan ke vagina), atau situasional (hanya terjadi pada situasi tertentu, misalnya hanya pada satu partner tertentu dan lainnya tidak, atau hanya timbul pada hubungan seksual, tapi tidak timbul saat akan memasukkan tampon atau pemeriksaan vagina dengan jari dokter kandungan/ VT).

Wanita yang vaginismus sering menganggap bahwa mereka ‘terlalu sempit’, sehingga vagina harus diregangkan. Ini menimbulkan bayangan bahwa hubungan seks atau penetrasi apa pun akan menimbulkan nyeri. Padahal wanita yang vaginismus tidak perlu meregangkan vagina, mereka justru perlu belajar mengontrol otot sekitar vagina, ini bisa dilatih dengan exercise.

Untuk cara latihan, bisa dilihat pada tulisan mengenai Kegel Exercise.

@@Rehab Your Sex Life! dr Andi Sugiarto, SpRM
Image was taken from: http://www.babble.com/CS/blogs/strollerderby/2008/12/01-07/vagina.jpg

Ejakulasi Dini?? Jangan putus asa!!

Putus asa sampai “gulung tikar”? (Gulung penis, tepatnya!)

“Bila anda pikir anda bisa, maka anda akan bisa.” (Napoleon Hill)

Memang, pria sering dianggap jantan kalau bisa memuaskan pasangannya. Bisa tahan lama… Mengapa bisa tahan lama? Semuanya diam kalau ditanya begitu. Siapa pun akan bisa bertahan lama, asalkan….. tidak digoyang…!!!

Tapi jangan salah dulu, tidak digoyang pun belum tentu bisa “kuat lama” “bertahan menghadapi gempuran “musuh”!! Buktinya, banyak pria yang “kalah sebelum bertanding”, baru pemanasan sudah keok alias muncrat duluan…!!

Banyak sekali pasien dan pertanyaan dari pemirsa Cakra Semarang TV maupun Radio Kis FM tentang editansil ini. Saya pun kewalahan menjawab pertanyaan yang sangat beragam. Setelah bertapa dan berpikir sebentar, maka dengan sangat gembira bisa timbul ide untuk mengadakan seminar dan workshop mengenai Bagaimana Mengatasi Ejakulasi Dini alias editansil ini..

Tapi sebelum seminar ini bisa dilaksanakan, tentunya saya harus bikin buku dulu dong ya.. supaya bisa dibaca sebelum seminar. Wah, kok pake birokrasi ya? Mau bikin seminar, harus tunggu bukunya dulu. Bisa-bisa keburu muncrat dulu dong ya?

Itulah salah satu prinsip utk mengatasi ejakulasi dini.. “Jangan terburu-buru dan jangan mau diburu-buru!”

Apakah anda ingat saat akan berburu burung atau menangkap ikan? Itulah saatnya anda bersabar, menunggu, mengendap-endap.. Baru pada saat yang tepat, kita sergap dan lakukan action!

Ejakulasi dini tanpa hasil? Sebetulnya tidak! Hasilnya ya tentunya keluar cairan sperma itu tadi.. Jangan rendahkan dirimu dengan mengecilkan arti tiap hubungan intim. Toh apa yang terjadi bukan kehendak kita secara sadar. Siapa sih yang bisa menahan ejakulasi kalau sudah mau keluar?

Itulah prinsip kedua: Bila sudah mau keluar, siapa yang bisa tahan..
What is the meaning of ejaculation? Apa makna dari ejakulasi? Orang sering bilang, hubungan seks itu enaknya pas saat keluar.. Betulkah itu? Apakah pada saat belum keluar, itu kurang enak?

Mungkin yang bicara gitu adalah orang yang sangat berorientasi pada hasil.. gak maido (Jawa: enggak nyalahin), mungkin dia di pekerjaannya sering ditarget yang over/ targetnya gede banget!!

Itu sama saja dengan orang yang naik bis, dan pikir kalau sudah sampai Jakarta, baru dia merasa enak, nyaman, lega dll. Bagaimana pendapat anda mengenai orang ini? Rugi kan??

Mengapa tidak menikmati sepanjang perjalanan.. apalagi kalau bisa ngobrol dengan cewek manis di sebelahnya..!!

Prinsip ketiga: Nikmati setiap prosesnya, jangan cuma hasil akhirnya…!!

Mengapa tidak coba ketiga prinsip di atas??

Ayo, singsingkan lengan bajumu (dan celanamu) Siapkan medan pertempuran. Langkah pertama adalah yang terbaik dan juga tersulit. You are what you think. Bila anda pikir anda bisa, maka anda akan bisa.