Deteksi Kanker dengan “KANKER”

kanker 1

Kanker seringkali tidak menimbulkan gejala khusus dan seringkali terdeteksi pada saat lanjut. Berikut ini beberapa tips mendeteksi awal Kanker dengan metode “Kanker” yaitu :

  1. Keluar darah yang tidak normal .

Ini bisa berasal dari batuk darah, perdarahan yang terjadi saat bersenggama dengan suami, gusi berdarah pada saat sikat gigi, perdarahan mirip menstruasi saat sudah menopause dll.

  1. Adanya benjolan yang tidak normal dan cenderung membesar dengan cepat.

Benjolan ini bisa muncul dari payudara, kelenjar tiroid , pada lipatan ketiak dan paha, serta organ tubuh lainnya. Pada payudara, mungkin disertai dengan tertariknya putting susu kedalam dan membetuk kerutan seperti kulit jeruk

  1. Nyeri pada organ tubuh tertentu

Rasa Nyeri yang muncul pada organ tertentu juga menjadi satu hal yang harus diwaspadai sebagai gejala kanker. Rasa Nyeri yang hebat mungkin adalah petunjuk bahwa kanker telah menginjak stadium lanjut.

  1. Kehilangan Berat Badan secara Drastis

Beberapa jenis kanker seperti kanker paru, pankreas,  atau saluran cerna menunjukkan gejala kehilangan berat badan secara drastis dalam waktu yang singkat. Biasanya, meskipun tidak selalu kehilangan berat badan secara drastis ini akan dibarengi ileh gejala lainnya, misalnya berak darah .

  1. ERITEMA (Kulit berwarna kemerahan) atau perubahan warna pada organ tubuh

Kanker kulit dapat ditandai dengan adanya perubahan pada ukuran, warna, dan bentuk tahi lalat atau permukaan kulit lain. Warna biru yang serin muncul di kulit juga bisa merupakan petunjuk adanya leukemia (kanker darah)

  1. Riwayat Kanker dalam keluarga

Anda wajib meningkatkan kewaspadaan apabila terdapat riwayat kanker dalam keluarga. Adanya faktor mutasi DNA yang diturunkan dari orangtua adalah penyebab kanker yang perlu diwaspadai.

Waspadai dan segera obati…….

www.dokterandi.com

Klik: http://www.dokterandi.com/2017/11/01/deteksi-kanker-dengan-kanker/

Facebook: Dr Andi Sugiarto – Dr Seksologi

Twitter: @andisugi

Ig: dokter_andi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *