Cegah Penularan Penyakit Kelamin

m 3

m 4

Jika Anda sudah pernah melakukan hubungan seks, Anda berpotensi untuk terkena penyakit menular seksual. Mengapa demikian?

Faktor risiko mutlak yang menyebabkan tertularnya Anda oleh penyakit menular seksual adalah karena melakukan hubungan seksual, baik itu hubugan penis dan vagina, oral seks maupun anal seks. Jika Anda tidak melakukan seks, kemungkinan Anda tertular akan menjadi nol.

  1. Setia pada pasangan Anda

Anda bisa memperkecil risiko tertular penyakit kelamin dengan melakukan lebih sedikit seks dengan lebih sedikit orang. Risiko terkecil tentu adalah setia pada satu-satunya pasangan Anda di rumah. Tentu saja, dengan catatan bahwa pasangan Anda juga belum terinfeksi penyakit kelamin.

  1. Jauhi alkohol

Mengapa menjauhi alkohol menjadi salah satu bentuk pencegahan? Jika Anda melakukan seks namun dalam keadaan terpengaruh alkohol, risiko untuk melakukan seks dengan aman akan berkurang. Dengan kata lain, ketika Anda dalam keadaan tidak sadarkan diri atau mabuk, Anda berisiko untuk melakukan seks berisiko. Misalnya saja, Anda bisa melukai pasangan Anda sehingga bakteri atau virus penyebab penyakit kelamin bisa masuk ke dalam luka.

  1. Melakukan vaksinasi

Anda bisa melakukan vaksinasi HPV untuk mengurangi risiko terkena HPV. Berdasarkan data dari American Sexual Health Association, dalam 6 tahun diberlakukannya vaksin HPV telah berhasil menurunkan prevalensi HPV pada wanita berumur 14-19 tahun sebesar 64% dan 34% wanita pada usia 20-24 tahun. Jadi, vaksin HPV sudah terbukti berhasil menurunkan risiko HPV.

  1. Ajak suami menggunakan kondom

Walaupun Anda masih bisa terkena herpes atau HPV ketika menggunakan kondom, sebagian besar kondom dapat mencegah penyakit menular seksual.

  1. Menjaga kebersihan vagina terutama sebelum dan setelah melakukan seks

Anda perlu membersihkan organ kelamin sebelum atdanau sesudah melakukan hubungan seks untuk mencegah penyakit menular seksual. Dengan menjaga kebersihan dari area kelamin, Anda dapat mencegah terserang mikroorganisme penyebab penyakit menular seksual.

 

www.dokterandi.com

Klik: http://www.dokterandi.com/2017/11/10/cegah-penulara…nyakit-kelamin/

Facebook: Dr Andi Sugiarto – Dr Seksologi

Twitter: @andisugi

Ig: dokter_andi

 

One thought on “Cegah Penularan Penyakit Kelamin

  1. Ang halaga ng krema sa pagpapalaki ng titi. Ipinahiwatig ang presyo sa opisyal na website at depende sa iyong bansa ng paninirahan. Sa kasalukuyan, mayroong 50% diskuwento ang lahat ng mga produkto. Kapaki-pakinabang na mga katangian ng Titan Gel Gold. Hindi ang kasiyahan sa sekswalidad ang pinakamahalagang motibo sa buhay, ngunit mahalaga pa rin ito. titangel-in-philippines.com Titan Gel: mga benepisyo. Paglaki ng ari nang 2 hanggang 5 cm (depende sa inisyal na sukat ng ari at dalas ng paggamit). Paghusay nang 50% ng sirkulasyon ng dugo sa pribadong bahagi ng katawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *