Sperma Butuh Nutrisi

s 3s 4

Tak jauh seperti tubuh, sperma juga perlu vitamin dan zat-zat sejenis lainnya yang berfungsi untuk menjaga vitalitas. Sumbernya juga macam-macam, dari makanan, multivitamin dan banyak lagi.

Radikal Bebas
Radikal bebas ternyata bertanggungjawab besar atas rusaknya 40% jumlah sperma. Namun kerusakan ini bisa dilawan dengan antioksidan seperti vitamin C, E, beta karotin, selenium, zinc, buah blackberry dan blueberry, bawang putih, strawberry, plum, brokoli, cabe merah dan banyak lagi.

Zat Asam
Zat ini juga diperlukan oleh sel telur dan produksi sperma. Beberapa praktisi kesehatan akan memberikan zat asam seperti I-arginin untuk memperbaiki kesuburan. Dapatkan zat asam ini dari makanan seperti ikan, telur, susu, kacang polong, kacang-kacangan, biji bunga matahari dan labu serta banyak lagi.

Vitamin
Vitamin A adalah zat yang paling diperlukan untuk produksi hormon seks pria. Ini adalah antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh. Vitamin A juga penting untuk menjaga ketahanan tubuh. Vitamin ini bisa meningkatkan jumlah dan ukuran sperma dan menekan pertumbuhan sperma yang abnormal. Dapatkan dari telur, buah-buahan dan sayur-sayuran yang kuning, seluruh produk susu, sayur berdaun hijau gelap dan minyak ikan.Vitamin B6 (piridoksin) bila digabungkan dengan zat besi bisa membentuk formasi hormon seks pria.

Vitamin B12 dan folat diperlukan untuk proses sintesis DNA dan RNA. Kekurangan zat ini akan membuat produksi sperma jadi abnormal, mengurangi jumlah sperma dan menghambat pergerakan sperma. Temukan zat ini dalam daging kambing, ikan sarden, salmon dan makanan fermentasi. Folat bisa didapat dari brokoli, asparagus, oatmeal, susu, salmon, biji-bijian, sayuran berakar dan banyak lagi.

Vitamin C adalah antioksidan yang juga bisa melepaskan radikal bebas. Ini diperlukan untuk produksi sperma yang sehat. Vitamin C yang cukup dalam tubuh dapat menambah jumlah dan kelincahan sperma. Sumber vitamin C paling banyak bisa Anda dapatkan dari buah-buahan seperti jeruk, kiwi, anggur, nanas, strawberry, mangga, juga kentang, bayam, tomat dan banyak lagi.

Vitamin E juga merupakan zat antioksidan. Bisa membantu sperma melakukan penetrasi pada sel telur. Vitamin E juga membantu degenerasi lapisan testicular. Dapatkan vitamin E dari daging, telur, kentang manis, kacang, biji-bijian, alpukat dan banyak lagi.

www.dokterandi.com

Klik: http://www.dokterandi.com/2017/11/14/sperma-butuh-nutrisi/

Facebook:┬áDr Andi Sugiarto – Dr Seksologi

Twitter: @andisugi

Ig: dokter_andi

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *