Lutut anak bengkok, telapak rata

Jawa Pos Radar Semarang, Kamis, 21 Nov 2008

Tanya:
Dr Andi, anak perempuan saya berusia 3 tahun, pada saat berdiri dan berjalan, saya perhatikan dari depan, lututnya tampak bengkok dan tidak lurus. Selain itu juga telapak kakinya tampak rata. Biasanya saya lihat di telapak kaki anak lain, ada lengkungan di telapak kaki. Di pergelangan kaki, saya juga membengkok sehingga tampak ada sudut antara tungkai bawah dan telapak kaki. Anak saya bisa berjalan sejak usia 19 bulan, memang agak terlambat dibandingkan anak lainnya. Saya takut kalau lututnya dan pergelangan kakinya tambah bengkok dan membuat buruk penampilan, serta timbul kelemahan pada kaki. Saya pernah lihat anak memakai alas sepatu khusus buatan dokter/ rumah sakit, bagaimana solusinya untuk anak saya agar lututnya tidak bengkok. Terimakasih dr Andi.

Ny Vero di Jepara.

Jawaban dr Andi:
Yth Bu Vero, tampaknya anak perempuan ibu mengalami apa yang disebut “flat foot”/ “pes planus” atau telapak kaki rata, dan juga “genu valgum” atau lutut yang membengkok ke dalam sehingga kedua lutut membentuk huruf X (sering disebut juga “knock-knees”). Kedua hal ini memang sering terjadi pada balita, dalam batas-batas tertentu masih bisa ditoleransi dan bisa bertumbuh dengan normal. Tetapi pada sebagian kecil anak, bisa berkembang lebih parah dan menimbulkan masalah dalam berjalan serta juga masalah estetika/ keindahan tubuh.

Telapak kaki rata
Flat foot merupakan kondisi medis dimana bila dilihat dari sisi dalam,  lengkungan kaki menjadi rata. Seluruh telapak kaki bersentuhan dengan permukaan tanah. Flat foot ini terjadi pada sekitar 20% anak. Bisa terjadi pada satu kaki atau kedua-duanya. Pada bayi, memang hal ini umum terjadi karena lemak bayi yang terkumpul menutupi lengkungan telapak kaki. Dengan bertambahnya umur, lengkungan kaki ini muncul sebagai hasil pertumbuhan otot kaki, tendon, ligamentum dan tulang kaki. Pada usia 3 tahun, mulai terbentuk lengkungan, dan pada usia enam tahun lengkungan ini sudah mulai kelihatan nyata.

Bila anak mengeluh nyeri pada betis, tungkai bawah dan telapak, orang tua seyogyanya memeriksa keadaan seluruh tungkai bawah dan telapak. Biasanya keluhan ini menyertai flat foot ini. Periksa juga sol bagian bawah sepatu. Pada anak dengan flat foot ini tampak sol yang aus di tempat yang tidak umum atau asimetris, dan tidak sama dengan kaki satunya. Orang tua sebaiknya peka dengan masalah ini. Ini mencerminkan adanya ketidak simetrisan gerak kedua tungkai saat berjalan.

Juga mohon diperhatikan jejak kaki anak saat berjalan di tanah, atau di pantai misalnya. Biasanya jejak kaki anak dengan flat foot lebih luas, dan telapaknya hampir menapak keseluruhannya.

Penanganan flat foot ini yaitu dengan menggunakan sol sepatu bagian dalam yang dimodifikasi secara khusus oleh dokter, biasanya di Bagian Rehabilitasi Medik. Sol bagian dalam itu diberi ganjal khusus, dengan ukuran tertentu untuk memberikan efek lengkungan pada telapak kaki.  Selain itu juga diberikan latihan telapak kaki dan penguatan otot betis dan otot telapak kaki.

Lutut Bengkok pada anak
Lutut bengkok ini pada anak bisa akibat kelainan tulang bawaan atau sejak kandungan ibunya. Bisa juga akibat kekurangan vitamin D, atau juga kurangnya kalsium dan zat pembentuk tulang lainnya.

Dokter nanti akan memeriksa derajat bengkoknya anak ibu, dan juga memberikan alat khusus (disebut “ortotik”) yang digunakan pada lutut. Ini gunanya untuk menopang lutut dan juga mengembalikan lutut ke bentuknya semula yang simetris dan lurus tegak, tidak membentuk sudut. Di Bagian Rehabilitasi Medik juga akan diberikan latihan untuk memperkuat otot hamstring (paha belakang) dan kuadriseps (paha depan) yang fungsinya menahan lututnya agar tetap lurus.

Dari segi penampilan/ estetika, memang alat-alat tsb kurang bagus, tapi bila dipakai sejak dini, akan mampu mengurangi perjalanan penyakit atau kelainan. Bila ibu kurang jelas bisa menghubungi bagian Rehabilitasi Medik di Rumah Sakit terdekat.

Semoga putri ibu bisa mendapat pertolongan segera, dan lututnya bisa kembali pada bentuk yang normal.

10 Replies to “Lutut anak bengkok, telapak rata”

  1. dok , anak saya 4thn .. kena rematik dan menyerang lutut kiri sampai bengkok .. jadi jalannya pincang kiri, sampai sekarang sudah 6bulan kaki sebelah kiri lebih kecil dari kaki kanan krn kaki kanan lebih untuk tumpuan aktifitas …
    sekarang rematik sudah mereda .. tapi bengkok lutut kiri masi … ototnya seperti sudah terlanjur mengikat jadi gak bisa lurus .. ini harus gimana ya dok?
    dan anak kalau dipaksa dilururskan sedikit selalu menangis sakit
    terimakasih

  2. Dr. Andi saya ingin berkonsultasi seputar penyakit kaki, saya vina gadis berusia 21 tahun.
    Dulu saya terlahir sebagai gadis normal yang tidak memiliki cacat sama sekali pada kaki saya.
    Saat saya berumur 7Th mungkin tepatnya kelas 2SD, tidak tahu mengapa pada saat bermain tangan saya terasa sakit,,setelah seminggu kemudian saya mulai mengalami pincang saat berjalan kemudian selang beberapa waktu saya mulai lumpuh total.
    Kedua kaki saya membengkak dan tangan saya mengalami pergeseran pada sendi bahu,
    Rumah saya didesa sehingga biasanya menggunakan tukang pijat patah tulang.
    Kesalahan pertama adalah bahwa setelah 1 bulan baru saya dibawa ketukang pijat tersebut.
    4 bulan saya lumpuh total dan kemudian dapat berjalan kembali.
    Nah anehnya setelah itu, kaki saya terlihat sedikit membengkok pada bagian lutut. belum terlihat jelas kelainan itu. saya masih dapat berlari seperti biasa, lompat tali dan lainya seperti anak kecil pada umumnya.
    Menjelang kelas 5 SD bengkok dilutut saya semakin terlihat jelas, mulai menjadi bahan ejekan teman dan sudah tidak dapat lagi bermain lompat tali, karena akan langsung bengkak apabila terjatuh dengan posisi kaki tertekuk.
    Hingga usia saya 21thn, saya mulai bingung untuk mencari cara, dan ingi kembali normal.
    tapi jika dilihat ini tidak tampak tekukan pada lutut, namun lebih seperti pergeseran pinggul yang menyebabkan paha kanan menjorok kedalam dan kaki saja seperti huruf K.
    Apakah ada cara untuk memulihkannya kembali dokter,,bisakah saya ambil jalan operasi?

    @vina:
    Sebetulnya utk menjawab ini, harus memeriksa dulu. Tapi saya jawab dengan data seadanya yang vina berikan.
    Bisa saja dengan jalan operasi, tapi harus dilihat dulu keadaan otot paha depan, belakang, otot betis, serta tungkai bawah, apakah kekuatan ototnya masih kuat untuk menyangga tubuh, menggerakkan tungkai. Bila belum, perlu latihan penguatan dulu. Juga dilihat keadaan sendi lutut dan panggulnya apakah strukturnya masih memungkinkan utk menyangga tubuh dan gerakannya baik. Selain itu juga jaringan lunak sekitar sendi, apakah mengalami pemendekan, pemanjangan, dislokasi dll.

    Saran saya: coba memeriksakan diri ke Dr Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi (SpKFR) atau dulu disebut SpRM (Spesialis Rehabilitasi Medik). Terimakasih utk atensinya.

  3. @irene: itu perlu fisioterapi dengan cara stretching otot-otot betis dan telapak kaki. nantinya juga perlu dilatih fisioterapi utk strengthening/ penguatan otot seluruh tungkai utk bisa jalan. ibu bisa ke bagian rehabilitasi medik di rumah sakit.

  4. Dokter anak saya mengalami clubfoot dimana posisi kedua telapak kaki nya menhadap ke arah muka stlh lahir.
    pd wkt usia nya baru 2hari sudah di gips oleh dokter tulang selama 2 bulan (dgn tegang wkt stp 2 mgu sekali ganti gips)
    utk kaki yg sblh kiri sdh normal.
    tetapi yg kanan msh cenderung lari ke dalam, meskipun terkadang dia bs lurus sndr.
    Treatment apa lg yg hrs di lakukan ya dok. Anak saya skrg sudah 1th (blum berjalan tp sdh mau bdiri2 tetapi selalu jinjit, tdk bs menapak lurus)
    terima kasih.

  5. dok, saya mau berkonsultasi mengenai anak saya.
    saya mempunyai anak laki2 dengan usia 2,5 thn. sudah 1 bln ini saya dan istri dibuat bingung oleh kelakuannya. anak saya bila sedang sendiri suka melakukan adegan seperti lg ML. dan bila di tegor oleh saya atau istri saya, dia suka pura-pura tidur. apa ini normal atau tidak dok?? ?? baiknya bagaimana dok?? apa saya musti konsultasi langsung ke dokter?? trima kasih.

  6. dok, saya juga ingin ikut bertanya.
    saya mempunyai seorang anak perempuan usia 3 tahun. dia diketahui mengalami “knock knee” dan “in toeing gab”. (kalau jalan, kaki menggunting). anak saya telah dibuatkan alat bantu yaitu “night splint” dan “sepatu khusus”. apakah anak saya bisa normal kembali? berapa lama waktu yang dibutuhkan? terapi atau latihan apa saja yang dapat kami lakukan untuk mempercepat proses tersebut? tolong ya dok jawabannya. sebagai orangtua, kami khawatir sekali.

  7. @marsudianto: yang bengkok dan yang lurus semuanya bisa diatur..
    @marshmallow: di sini juga terima tulisan tentang tropical medicine, bu dokter. makasih sebelumnya..

  8. wah, jadi refresh ilmu deh di sini.
    semoga putri ibu vero dapat ditangani dengan baik sehingga tidak meninggalkan sisa-sisa deformitas yang berarti.
    mumpung masih kecil dan tubuhnya masih sangat toleran terhadap intervensi, sebaiknya kondisi sang putri segera ditindaklanjuti agar tak jadi berlarut-larut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *