Home » Umum » Latihan untuk Sakit Sendi

Latihan untuk Sakit Sendi

Latihan untuk Sakit Sendi
Dr Andi,
Saya pria usia 42 tahun, dalam 3 bulan ini mengalami nyeri pada sendi pergelangan kaki kiri. Pada saat bangun pagi, kaki kiri sering terasa nyeri dan bengkak serta merah. Saya sudah periksa ke dokter, dan diperiksa di laborat, ternyata asam urat saya dalam batas normal. Sendi pergelangan kaki saya sangat sakit untuk berjalan dan berdiri. Sudah diberi obat, sekarang sakitnya berkurang, tapi pergelangan saya sekarang kaku, dan kadang bengkak bila kebanyakan jalan. Apa yang harus saya lakukan dan bagaimana solusinya dok, terimakasih.

Dari: Marsudianto  di Kendal.

Jawaban dr Andi Sugiarto:
Melihat dari gejalanya, bapak terkena penyakit rematik. Memang penyakit rematik itu banyak macamnya, bukan hanya asam urat saja, itu hanya salah satu dari banyak penyakit golongan rematik. Seringkali orang mengobati sendiri, dan mengistirahatkan sendi itu secara berlebihan. Bila sendi tidak digerakkan secara kontinyu, maka akan kaku dan lama-lama sulit digerakkan.

Nyeri untuk mengistirahatkan
Memang rasa nyeri dan kaku pada sendi itu sebetulnya adalah mekanisme pertahanan dari tubuh untuk mengurangi pergerakan sendi. Dengan mengurangi pergerakan sendi, tubuh akan berusaha menyembuhkan dirinya sendiri, yaitu dengan proses peradangan, atau inflamasi. Bila gerakan sendi itu sepenuhnya dihentikan, maka yang terjadi adalah proses menjadi kontraktur sendi atau kekakuan sendi. Ini terjadi dalam proses yang berkembang dari hari demi hari.  Berarti bagaimana kita menyikapi nyeri sendi ini?

Nyeri untuk membatasi gerakan
Sendi yang nyeri dan kaku serta bengkak memang harus kita batas gerakannya, tapi bukan berarti harus tidak bergerak sama sekali. Ambil contoh gerakan pada pergelangan kaki yang bengkak dan nyeri, mulailah dengan menggerakkan sedikit demi sedikit ke arah telapak, lalu ke arah punggung kaki (seperti gerakan menginjak gas pada mobil, dan sebaliknya).

Mulailah sedikit demi sedikit
Gerakan selanjutnya adalah mencoba memijakkan kaki ke tanah atau menumpu sebagian berat badan ke kaki yang sakit. Mulailah dengan tekanan yang sedikit, lalu tambah sedikit demi sedikit, sampai kaki tidak nyeri saat menumpu tekanan seluruh berat badan. Bila masih terasa nyeri, jangan teruskan. Lanjutkan nanti, dan teruskan dengan latihan selanjutnya.

Perhatikan Lingkup Gerak Sendi
Coba untuk menggerakkan pergelangan kaki seluas-luasnya, bila terasa nyeri, jangan dipaksa. Biarkan tubuh kita beradaptasi dengan rasa nyeri itu, sehingga lingkup gerak sendi dari kaki yang sakit bertambah, sampai pergelangan kaki kita bisa bergerak dengan leluasa.  Bila ada sedikit nyeri atau kemeng, jangan dipaksa, itu masih wajar.

Kompres dengan air dingin
Untuk mengatasi bengkak, rendam kaki dengan air dingin. Bisa juga dengan dikompres basah dengan air dingin selama kira-kira setengah jam. Bila tahan dengan dinginnya es, bisa juga dikompres dengan es batu.

Lakukan sehari 2-3 kali
Menggerakkan sendi yang sakit, perlu dilakukan 2-3 kali sehari, dengan demikian ada pertambahan lingkup gerak sendi, dan juga pengurangan nyeri secara progresif. Setiap kali berlatih menggerakkan sendi, terus tambah intensitasnya dan  lingkup gerak sendinya.

Anti inflamasi non steroid
Untuk membantu mengurangi nyeri dan bengkaknya, dokter mungkin akan memberikan natrium diklofenak atau piroksikam sebagai anti inflamasi non steroid oral ataupun topikal/ gel. Bila nyeri sudah bisa dikontrol, pemberian obat bisa dikurangi atau dihentikan.

Fisioterapi
Pada sendi yang bengkak, nyeri dan kemerahan, diberikan fisioterapi pendinginan seperti cryotherapy, atau icepack. Pada sendi yang sudah tidak bengkak dan tidak kemerahan (masa akut sudah terlewati) dokter mungkin akan memberikan fisioterapi bersifat panas, misalnya short wave diathermy, ultrasound diathermy, atau infra red.

12 Responses to Latihan untuk Sakit Sendi

  1. Kalo salah makan dan abis jalan jauh tumit saya suka agak sedikit bengkak, klo udah sakit suka susah jalan dok, jika dikasih volkaren agak enakan ……

  2. Btw kalo minum obat seperti neo reumacil gimana ? rekomen gak dok ?

  3. memang ada hubungan antara usia dan sakit sendi ya dok? :p

  4. Mungkin kalau saya sudah tua, saya juga punya masalah dengan sendi nih, Dok..
    :mrgreen:

  5. Saran saya untuk pak Marsudiyanto: wes tuwek ojo kakean polah (lmao)

  6. Dok, kalau tumit yang sakit saat dibuat jalan lama karena apa yah? kadang juga suka bengkak (pertanyaan titipan dari teman :) )

  7. wah da sembuh skarang…….gmaan kabarnya ……
    salam yah buat dia……

  8. sakit sendi….wah kayaknya aku kagak minat deh…..
    biar mreka ajah yah…..
    aq ikhlas kok mereka aja yang ambil…
    heheheh…………………………………

  9. wekekeke…
    ayo pak guru…. ikutan senam aja.
    Atau minimal jogging, jangan cuma blogwalking.
    blogwalking hanya menggerakkan jari dan tangan.

  10. (lmao) ngakak liat contoh soal…
    *penanya-nya kok ya itu lho.. hua ha ha.. pria dari kendal… (lmao)

  11. (lmao)
    hahahaha…
    ngakak komentar’e pak marsudiyanto

  12. Sendi ya dok…
    Apakah Sendi itu singkatan Seneng Dokter Andi???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>