Masa Puber Ke-2 pada Wanita

wanita1

wanita2

Anda pasti tahu tentang puber. Puber merupakan perubahan psikis, fisik, dan pematangan fungsi seksual. Dapat dikatakan puber adalah perubahan seorang remaja dari masa anak-anak ke masa dewasa. Tetapi puber ternyata tidak terjadi satu kali, melainkan dua kali.

Ada yang mengatakan, kalau puber kedua tumbuh pada usia sekitar 40-an tahun. Sebagian besar memang demikian, tetapi pada dasarnya puber kedua bisa terjadi beberapa saat setelah pacaran atau menikah, terutama pada pria walaupun tidak tertutup kemungkinan juga pada wanita.

Meski dalam dunia medis tidak ada sebutan puber kedua, tapi secara psikis bisa juga sebutan itu dilayangkan pada pria setengah baya yang mulai gemar mencari-carai wanita idaman lain. Masa yang dikenal dengan pembuktian diri ini juga dialami wanita. Apa bedanya puber kedua pada wanita dan pria?

Ketika pria mengalami masa `puber kedua` ia bisa melakukan pembuktian diri yang belum terbayar di masa lalunya. Misalnya ingin memiliki perut yang rata atau memiliki mobil yang diimpi-impikannya tanpa harus berhubungan dengan perselingkuhan. Namun, ada juga pria yang melakukan pembuktian diri melalui berhubungan dengan wanita muda.

Sementara untuk wanita, lanjut Diana, masa pembuktian diri bisa seperti ingin tampil semenarik mungkin. “Bisa saja total fisik, dengan botok, suntik, operasi payudara. Dia nggak berniat menarik secara seksual tapi dia senang kalau dibilang cantik.

Berikut tanda-tanda wanita mengalami puber ke-2:

  1. Krisis Waktu Luang

Seorang wanita akan mengalami masa puber kedua di usia 38 tahun hingga 40 tahun. Di masa ini kesibukan seorang wanita biasanya mulai berkurang. Sebab, sebagian anak sudah dewasa. Kehidupan sudah mulai mapan lagi, dan seorang wanita selalu ingin mencari kesibukan lain selain kesibukan rumah tangga.

  1. Perubahan Fisik

Perubahan fisik pada wanita di masa puber kedua berbeda dengan laki-laki. Di masa kedua perubahan pada wanita terjadi yang berhubungan dengan hormon. Salah satunya mengalami menopouse.

  1. Perubahan Sosial

Wanita akan mengalami perubahan sosial di usianya yang ke 40 dan saat puber kedua. Mereka meras bahwa adanya perubahan dimensi di dalam rumah. Sebab, anak sudah jarang berada di rumah, atau karena anak sekolah di tempat yang jauh. Hal ini akan mempengaruhi psikologis seorang ibu.

  1. Ingin Menarik dan Suka Di Puji

Dalam puber kedua seorang wanita juga ingin tampil lebih menarik dan ingin terkesan lebih wah. Ini akan terjadi pada wanta ketika ia mengalami masa puber kedua. Wanita juga akan sangat menyukai pujian ketika ia sudah memasuki puber kedua.

  1. Ketertarikan Dengan Laki-Laki Lain

Hal ini umum terjadi kepada wanita yang sedang mengalami masa puber kedua. Seorang wanita akan mengalami sedikit sedikit memiliki ketertarikan kepada pria selain dari suaminya. Meskipun hal ini tidak terlalu ditonjolkan oleh wanita.

  1. Jenuh Dengan Suami

Seorang wanita yang tengah mengalami puber kedua akan jenuh terhadap suaminya. Mereka memiliki hasrat untuk berkenalan dengan pria lain. Tetapi harus hati-hati Anda ketika memasuki masa puber kedua ini.

Berikut tadi adalah ulasan mengenai ciri ciri wanita yang alami masa puber kedua,walaupun tidak semua wanita akan mengalami masa puber kedua ini, tapi hampir bisa dikatakan akan mengalami masa tersebut,walaupun tidak sampai berselingkuh.

www.dokterandi.com

Klik: http://www.dokterandi.com/2017/04/06/3225/

facebook: Dr Andi Sugiarto – Dr Seksologi

twitter: @andisugi

ig: dokter_andi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *