Apakah Penderita TBC boleh Melakukan Hubungan Intim?

tbc1

tbc2

Tuberkulosis (TBC atau TB) adalah penyakit infeksi pada saluran pernafasan yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri ini merupakan bakteri basil yang sangat kuat sehingga memerlukan waktu lama untuk mengobatinya. Bakteri ini lebih sering menginfeksi organ paru-paru (90%) dibandingkan bagian lain tubuh manusia.

Tuberculosis (TBC) merupakan penyakit menular yang masih menjadi perhatian dunia. Hingga saat ini, belum ada satu negara pun yang bebas TBC. Angka kematian dan kesakitan akibat kuman mycobacterium tuberculosis ini pun tinggi.

Sementara itu apakah penderita TBC diperbolehkan untuk berhubungan intim?

Virus TBC dapat menular melaui udara dari penderita ketika berbicara, batuk, bersin. Dan menyerang saluran pernafasan. Namun sebaiknya ketika pasngan anda baru saja di diagnosis TB dan baru akan menjalani pengobatan selama 6 bulan. Disarankan untuk tidak berhubungan dulu untuk sementara waktu. Karena saat berhubungan dikhawatirkan virus masih ada didalam liur pasangan anda, sehingga dapat menular.

Guna mencegah tertularnya virus, ada baiknya:

  • Mengurangi kontak dengan penderita penyakit TBC aktif.
  • Menggunakan Masker
  • Menjaga standar hidup yang baik, dengan makanan bergizi, lingkungan yang sehat, dan berolahraga.
  • Pemberian vaksin BCG (untuk mencegah kasus TBC yang lebih berat). Vaksin ini secara rutin diberikan pada semua balita.

Perlu diingat bahwa mereka yang sudah pernah terkena TBC dan diobati, dapat kembali terkena penyakit yang sama jika tidak mencegahnya dan menjaga kesehatan tubuhnya.

Para pasangan pasti akan menemukan kesulitan dalam hal ini. Maka dari itu agar lebih jelas, jangan pernah merasa ragu dan malu untuk berkonsultasi kepada dokter.

www.dokterandi.com

Klik: http://www.dokterandi.com/2017/05/10/apakah-penderi…hubungan-intim/

facebook: Dr Andi Sugiarto – Dr Seksologi

twitter: @andisugi

ig: dokter_andi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *