Disfungsi Ereksi: makin lama pasiennya makin muda ya?

rehab seks seksual rehabilitasi disfungsi ereksi impotensi andi sugiartoTahun 90an sejak saya praktek seksologi, pasien disfungsi ereksi yang datang biasanya usia 50 an tahun. Begitu saja pun mereka/ pasien itu merasa bahwa sebetulnya mereka masih muda dan sebetulnya belum perlu menderita penyakit ini. Tapi kemudian tahun 99an akhir saya berpraktek, yang datang itu lebih muda lagi, usianya rata-rata 40an tahun. Wah, saya pikir ini bencana deh.. mosok yang disfungsi ereksi itu tambah lama tambah muda.

Tapi, jangan tanya: sekarang ini yang datang ke saya, mulai usia 30an tahun sudah banyak yang terkena disfungsi ereksi dan juga ejakulasi dini. Well, well, well, gimana ini? Apakah saya harus baca kitab primbon atau karya pujangga lama, atau ramalan …. siapa tuh, Negara kertagama, atau, Ronggowarsito, atau siapa ya pujangga yang suka ngeramal tuh, (dulu yang yang ngeramal No-To- ne-go-ro)… whatever deh.

Berarti saya harus benar-benar deh mereview kembali tulisan-tulisan saya tentang penyebab disfungsi ereksi, dan juga tentang ejakulasi dini.

Pertanyaannya: berarti apa penyebab utama dari pasien muda (30an tahun) ini sehingga mengalami disfungsi ereksi?

OK, OK, saya akan buka buku lagi, kurangi tidur siang saya dan menulis dari awal lagi tentang etiologi dan patofisiologi disfungsi ereksi.

Besok kalo sudah selesai, akan kutambahkan di sini ya…

@@posted by Dr Andi Sugiarto, SpRM for Rehab Your Sex Life!

3 Replies to “Disfungsi Ereksi: makin lama pasiennya makin muda ya?”

  1. @ridho: ya, makasih infonya. nanti saya liat di blognya dr okanegara. klo mas ridho blognya apa ya, saya lupa..?

  2. dr andi, ada tuh bahasan tentang ini di edisi khusus seksualitasnya intisari. tulisannya dokter okanegara.atau cek di blognya.apa judulnya, sepertinya jaga jaga ya yang muda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *