Nanas bikin Gugur.. Why?

nana 3

nana 4

Buah nanas merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan A yang bagus bagi tubuh sebagai antioksidan. selain itu buah nanas juga mengandung magnesium, kalium, kalsium, posfor, enzim bromelain dan sukrosa.
Enzim bromelain berfungsi untuk mencegah peradangan dan membantu proses melunakan makanan dalam pencernaan di lambung. Enzim ini juga berfungsi sebagai anti kanker karena bisa menghambat tumbuhnya sel kanker.

Manfaat lain dari enzim bromelain yaitu akan membantu dalam menjaga kesehatan jantung dan mencegah terjadinya pembekuan dalam arteri. Enzim bromelain memiliki anti koagulan yang bisa mengurangi terjadinya pembekuan dalam pembuluh darah.
Enzim ini juga berperan sebagai anti imflamasi dan analgesik yang berperan dalam perbaikan sendi. Anti imflamasi yang terdapat dalam enzim ini akan menghilangkan akumulasi lendir pada saluran pernafasan. Akan tetapi enzim bromelain pada nanas bisa jadi abortivum yaitu dapat menyebabkan keguguran pada kandungan.

Mengonsumsi buah-buahan selama masa kehamilan memang sangat bagus untuk kesehatan janin dan ibu hamil. Akan tetapi ada buah yang harus dibatasi bahkan tidak boleh dikonsumsi sama sekali oleh wanita yang sedang hamil yaitu buah nanas karena di anggap dapat menyebabkan keguguran. Nanas dan kehamilan memang sering dikait-kaitkan dalam hal keguguran.

Nanas tidak boleh dikonsumsi selama kehamilan karena nanas dapat menyebabkan terjadinya kontraksi sebelum waktunya. Hal ini terjadi akibat dari enzim bromelain yang terkandung dalam nanas yang dapat menyebabkan lemahnya leher rahim (serviks) sehingga bisa mengakibatkan rahim akan berkontraksi.
Kontraksi rahim ini bisa membahayakan janin yang ada di dalamnya dan berpotensi terjadinya hal berbahaya bagi janin.

Enzim bromelain yang terkandung dalam nanas itu mirip dengan enzim papain yang terdapat dalam buah pepaya. Enzim ini bisa menyebabkan leher rahim lemah serta berkontraksi dan terjadinya keguguran.

www.dokterandi.com

Klik: http://www.dokterandi.com/2017/10/21/nanas-bikin-gugur-why/

Facebook: Dr Andi Sugiarto  – Dr Seksologi

Twitter: @andisugi

Ig: dokter_andi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *