Komunikasi Yang Baik Dalam Keluarga

komunikasi2

komunikasi1

Hidup di dalam keluarga tentunya menjalankan yang nama nya komunikasi. Kita harus berkomunikasi dengan bik, agar tidak ada kesalahpahaman dalam keluarga.

Berikut ini beberapa komunikasi yang baik dalam berkeluarga:

  1. Saling menghargai dan menghormati

Komunikasi akan efektif dalam keluarga jika ada rasa saling menghargai dan menghormati di antara anggotanya. Adanya penghargaan dari orang tua (pengirim pesan) akan menumbuhkan kepercayaan diri dan menimbulkan feedback dari anak (penerima pesan). Orang tua dan anak akan sukses berkomunikasi jika ada rasa saling respek.

  1. Jangan mengabaikan

Seringkali, perlakuan diam digunakan oleh istri sebagai sebuah cara untuk menghukum suami mereka, namun ini dapat menjadi hal yang sangat merusak dalam pernikahan. Sebuah pernikahan yang kuat dibangun atas kemampuan suami dan istri dalam berkomunikasi secara efektif satu sama lain. Jika salah satu diantaranya berhenti berkomunikasi, pernikahan tidak akan dapat mengalami suatu kemajuan. Daripada menahan untuk berkomunikasi dan membuat suatu ganjalan di dalam hubungan Anda, gunakanlah kemampuan Anda untuk berkomunikasi untuk menyelesaikan perbedaan dan memperkuat pernikahan Anda. Komunikasi memiliki kekuatan yang luar biasa. Kata-kata Anda adalah kekuatan. Jika Anda seorang yang bijaksana, Anda dapat menggunakan dengan penuh kasih dan efektif untuk mengatasi setiap rintangan yang akan Anda hadapi dalam pernikahan Anda.

Belajar untuk berkomunikasi dengan pasangan Anda tidak hanya akan memperkuat hubungan pernikahan, hal itu juga akan memperkuat kemampuan Anda untuk berkomunikasi dengan orang lain. Pria dan wanita memiliki cara berkomunikasi yang unik. Ketika mereka belajar untuk menerima dan memberi satu sama lain, bersama, mereka dapat menciptakan pernikahan yang dibangun atas dasar saling percaya. Daripada membentuk sebuah pernikahan yang hanya berdasarkan pada perkiraan pemikiran dan permainan kata semata, ketika pasangan sungguh-sungguh belajar untuk berkomunikasi dengan benar dan jujur, mereka dapat memahami kebutuhan masing-masing dan dengan senang hati bekerjasama untuk memenuhi kebutuhan bersama.

  1. Adanya rasa empati

Empati merupakan kemampuan untuk mendengar dan mengerti orang lain, sebelum didengar atau dimengerti orang lain. Komunikasi efektif akan berhasil jika masing-masing anggota keluarga saling memiliki rasa empati. Saling berdialog dengan keterbukaan, mendengarkan keluh kesah dan harapan-harapan. Mendengar tidak hanya melalui indra saja, namun juga menggunakan hati dan perasaan. Cara ini akan memunculkan rasa saling percaya dan keterlibatan masing-masing anggota keluarga.

  1. Pesan yang mudah dimengerti, dimaknai dan diterima dengan baik

Sebuah pesan harus disampaikan dengan cara atau sikap yang bisa dimengerti, dimaknai dan diterima dengan baik oleh si penerima pesan. Hal ini bisa dilakukan dengan raut muka yang cerah, dengan senyuman, bahasa yang baik dan tutur kata yang halus, tidak emosional.

  1. Menyampaikan pesan dalam momen tertentu

Salah satu momen yang baik dan ideal untuk melakukan komunikasi adalah pada saat makan bersama. Kegiatan ini selain membuat semua anggota keluarga bisa berkumpul di satu meja, juga bisa saling bertukar pendapat, saling menanyakan kegiatan masing-masing, berdiskusi, solusi-solusi dan sebagainya. Maka gunakan meja makan sebagai sebuah kesempatan untuk berbagi dalam keluarga.

  1. Pergi berlibur bersama atau sekedar jalan-jalan

Pergi berlibur atau jalan-jalan merupakan salah satu cara menghabiskan waktu bersama anggota keluarga. Hal ini bisa membuat hubungan keluarga tetap dekat, hangat dan mesra antara satu dengan yang lain. Komunikasi menjadi efektif di lingkungan keluarga jika hubungan antar anggota terjalin baik dan harmonis.

  1. Saling Mengghargai

Apapun yang telah dikerjakan tau dilakukan oleh orang yang ada dirumah, ada baikknya kita mengapresiasi mereka dengan kata terima kasih tau memuji mereka, agar hubungan dapat selalu terasa baik dan harmonis.

  1. Minta Maaf

Sekecil apapun kesalahan yang kita buat di dalam rumah atau orang lain, maka yang kita harus lakukan adalah meminta maaf. Karena kita sendiri tidak tau penilaian orang terhadap kesalahan yang kita buat. Bisa jadi menyinggung, padahal kita anggap itu sendiri bukan masalah yang besar.

Klik: http://www.dokterandi.com/2017/01/20/komunikasi-yan…dalam-keluarga/ ?

www.dokterandi.com

fb: Dr Andi Sugiarto  – Dr Seksologi

ig: dokter_andi

twitter: @andisugi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *