Istri Libido Rendah

birahi, cakra tv, desire, disfungsi ereksi, doctor love, dokter cinta, dokter rehab medik, dokter rehabilitasi medik, dokter seks, dokter seksologi, dokter seksual, dokter seksualitas, dokter sex, dr andi, dr andi semarang, dr Andi Sugiarto, dr cinta, dr enjoy, dr love, dr rehabilitasi medik, dr seks, dr seks semarang, ejakulasi dini, erectile dysfunction, erection, ereksi, famous sex doctor, fertilitas, fertility, fluor albus, gairah, genital, hubungan intim, hubungan suami istri, impotensi, indonesian sex doctor, indonesian sexologist, intercourse, kedokteran fisik dan rehabilitasi, kelamin, kepuasan seksual, keputihan, last longer, love, mani, marriage, medical blogger, nafsu, orgasm, orgasme, passion, pasutri, penis, physical medicine, pm&r, rehab, rehab medik indonesia, rehab medik semarang, rehab seks, rehab seksual, rehab sex, rehab your sex life, rehabilitasi, rehabilitasi medik, rehabilitasi seksual, rehabilitation, seks, seksolog indonesia, seksolog semarang, seksologi, seksologi indonesia, seksual, semarang, semarang sex doctor, sex, sex doctor, sex iq, sex rehab, sexual intercourse, sexual rehab, sexual rehabilitation, sexual satisfaction, sperm, sperm sperma, sperma, spkfr, sprm, subur, sugiarto, Tagged andi, tahan lama, vagina

Tanya dr Andi:

Saya merasa gairah seksual saya rendah, padahal suami saya mintanya tiap hari. Saya usia 29 tahun, suami 36 tahun. Apakah gairah seksual bisa ditingkatkan dengan obat atau terapi dok? Saya kasihan dengan suami saya. Mohon advisnya dr Andi. Terimakasih.

(KS di Smg)

Jawab dr Andi:

Gairah seksual merupakan suatu keinginan atau dorongan untuk melakukan aktivitas seksual, secara biologis, emosional dan psikologis. Wanita dan pria yang normal sebetulnya punya libido yang seimbang. Tapi dalam mengungkapkannya, pria lebih bisa dan lebih berani mengutarakannya. Ini sesuai dengan gambaran umum pria dan wanita, dimana wanita lebih tertutup dalam mengutarakan sesuatu. Tapi kemudian dalam perkembangan jaman, akhirnya wanita juga dapat dengan leluasa mengungkapkan keinginannya dalam aktivitas seksual.

Gairah seksual atau libido dapat menurun oleh beberapa hal:

  1. Pandangan terhadap seks: bila seks dianggap sesuatu yang sehat dan normal, maka gairah juga akan normal. Bila seks dianggap sesuatu yang menyakitkan dan hanya melayani suami saja, maka gairah akan menurun bahkan menghilang.
  2. Riwayat masa kanak-kanak: bila orangtua selalu menekankan bahwa seks itu kotor dan dosa, maka anak akan tumbuh dengan pemikiran bahwa seks itu tabu dibicarakan dan tabu dilakukan.
  3. Bila ada trauma seksual waktu kecil, maka bisa menurunkan gairah seksual. Misalnya ada pelecehan seksual oleh keluarga dekat, teman, pacar.
  4. Bila ada penyakit kronik misalnya kencing manis, tekanan darah tinggi, gairah juga menurun.
  5. Bila ada gangguan hormonal, misalnya sering menstruasi dan timbul bercak2 perdarahan, bisa menurunkan libido.
  6. Bila ada keputihan atau infeksi pada organ kewanitaan, bisa timbul rasa perih dan gatal sehingga tidak bisa menikmati hubungan intim, sehingga menurunkan gairah seksual.
  7. Bila ada gangguan ereksi atau ejakulasi dini pada suami, akibatnya istri tidak bisa mengalami orgasme, ini juga menurunkan gairah seksual.
  8. Pada wanita yang lama tidak berhubungan intim dan selalu menekan gairah yang timbul, akibatnya gairah juga akan menurun dengan sendirinya dan perlu waktu yang lebih lama untuk bisa meningkatkannya.

Untuk meningkatkan gairah seksual pada wanita dapat dilakukan hal sbb:

  1. Berkomunikasi dengan suami, apa yang anda sukai saat berhubungan intim, mengenai gaya dan posisi, seberapa lama foreplay, serta kapan anda bisa lebih enak berhubungan, apakah pagi atau malam hari
  2. Mencoba menikmati semua sentuhan dari suami, relaks dan santai sambil menghayati tiap proses berhubungan intim. Jangan mengeraskan hati atau berpikiran negatif dulu sebelum merasakan sentuhan suami.
  3. Balas tiap sentuhan suami dengan sentuhan dari anda.
  4. Jangan terburu-buru dan jangan seperti ‘ditarget’, jangan ingin cepat selesai. Nikmati saja dengan lembut dan pelahan.
  5. Agar tidak mudah capek, lakukan olah raga rutin tiap hari 30 menit, bisa dimulai dengan jogging, bersepeda statis, atau aerobik. Lakukan saja dirumah sendiri dan stel musik agar tidak bosan.
  6. Luangkan waktu untuk bercinta seminggu 2-3 kali, dan pada hari tersebut usahakan anda tetap berenergi dan tidak kecapekan pada malam harinya.
  7. Bila suami mengalami disfungsi ereksi atau ejakulasi dini, maka perlu dikonsultasikan ke dokter.

Dr. Andi Sugiarto, SpRM Seksologi Semarang

www.drandi.com

klik http://www.dokterandi.com/2015/04/21/dokter-andi-sugiarto-semarang-drseks-istri-libido-rendah/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *